Rabu, 31 Desember 2014

USG Transvaginal

Seminggu setelah test pack dan suami sudah sampai di Jakarta lagi, kita memutuskan untuk periksa ke dokter. Lagi-lagi, aku pengen yakinin suami karena dia masih terlihat belum begitu yakin.
Sore, kita berangkat ke RS Bunda Margonda, RS yang paling deket kontrakan. Disana kita cek sama dokter Assangga karena yang lagi bertugas Cuma si pak dr. Nunggu lumayan lama, kita bahkan bisa sholat dan makan dulu, terus akhirnya masuk ruangan malemnya. Emang waktu itu nunggunya dari beliaunya belum dateng sih.

Dokternya ramah banget, berwibawa, udah tua juga. Setelah nanya-nanya hari terakhir haid, siklus haid, dll, kita langusng periksa usg. Dokter juga bilang kemungkinan belum kelihatan, dan emang benar. Usg lewat perut yang kelihatan masih Rahim kosong aja. Terus dokter bilang, kalau usia segitu kelihatan melalui usg transvaginal, persis kayak bidan bilang. Terus aku liat-liatan deh ama suami. Karena dari berangkat suami udah wanti-wanti untuk gak ambil usg itu, apalagi kalau dokternya cowok. Well, kita hening dulu sementara. Aku tahu banget dari air mukanya, suamiku bilang gak usah. Dia pastinya gak rela lah. Liat perut istrinya dibuka di depan laki-laki lain aja dia udah gak terima sebenernya. Tapi, he didn’t say anything. Dan si dokterlah yang akhirnya memecah keheningan, karena mungkin ngerti yang kita khawatirin.

He said, “kalau gak mau gak papa, tapi tanpa ini saya gak bisa memastikan ada kehamilan atau tidak.”
Such a rhetoric statement. Dan akhirnya, entah aku atau suami yang bilang, kalau.. fine, lanjutkan.

So, alat scanner usg nya (aku lupa sih masih sama kaya yang buat perut atau enggak) dimasukin melalui vagina. Sebelumnya dokter ngasih gel lumayan banyak sambil bilang, “ini saya kasih gelnya banyak biar gak sakit ya.” Karena aku berkali-kali nanya, “sakit gak, dok?” Dokternya juga gak liat-liat kok. Dia lebih focus lihat layar. Tenang ya, honey. Aku juga gak jauh lebih gak enak kok feelingnya disbanding kamu.

And, voila.. there you are. Buletan kecil calon janin itu kelihatan juga. Dokter bilang, “nah, ini dia calon bayinya. Jadi setelah ini, saya sudah bisa meyakinkan kalau ibu sudah hamil.” And, I feel like, “see, huh?” looking at my husband. Hehe..

Setelah itu, dokter dengan ramah dan santai memberikan kita quick education tentang asupan gizi yang baik untuk masa awal kehamilan, gejala-gejala apa yang harus diwaspadai, dan juga meng-edukasi kita tentang seks yang amal di tri semester awal kehamilan. Overall, dokter Assangga enak, kok. Beliau juga ngasih kartu nama pribadi, which means beliau siap dikontak pasien melalui jalur pribadi. Tapi, aku belum sempet coba sih..

Daaaan… waktunya bayar. It’s like, 650 ribu untuk jasa dokter (350) dan alat usg. Twekwew.. padahal kita Cuma predict kisaran 400 ribuan. Kemudian tebus vitamin dan suplemen di klinis RS sekitar 250an. Jadi, total 900an. Itu baru cek pertama kali. Uwwwh.. gaaak kuat kalo tiap bulan harus segitu.

Setelah dipelajari, ternyata dokter Assangga itu dokter yang udah Doktor. Oalaaa.. pantes jasanya mahal. Biasanyakan dokter spesialis antara 100-150an.
Tapi, karena dokternya enak, terus dapet kabar super-duper baik, mood jadi ikut-ikutan baik. Sambil elus perut, suami aku yang hobi positive thinking itu (Alhamdulillah, ya Allah..) bilang, “calon anak hebat nih, baru 0,5 mm aja, yang nanganin udah Doktor. Gak tanggung-tanggung.”

Aaaah… amiiin ya Raaabb. *terharu*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar